Tuesday, February 14, 2006

Antena Kaleng :)

Untuk yang biasa memakai wireless lan, istilah antena kaleng mungkin sudah biasa. Tapi untuk saya, ini adalah pengalaman baru. :)

Awalnya itu, setelah membaca buku tentang wlan yang ditulis oleh pak onno, di dalam bukunya disebutkan tentang beberapa rekannya yang menggunakan antena buatan sendiri dan di salah satu gambar yang ada di situ ada yang memakai kaleng coklat / susu. Boleh juga.

Setelah itu, coba-coba cari info sama mr. Google dan hasilnya dapat beberapa link yang menjelaskan tentang pembuatan antena dan perhitungannya. Salah satu link yang termasuk bagus menurut saya adalah yang ada di blogspot ini : Buat Antena Kaleng by Noesapati.

Esoknya saya mencari sebuah kaleng susu, tapi agak sulit juga .. soalnya sekarang susu sudah pada pake Kotak dan kalaupun ada kalengnya dari plastik. Alhamdulillah setelah mencari-cari di rumah, dapat juga kaleng susu bekas Indomilk, agak karatan sih, tapi yaa ... dibrsihkan sedikit dan lumyanlah.

Saya kemudian mengambil wlan client Compex WLU11A yang harganya sekitar 500rb waktu itu (2005). Trus dengan memakai sebuah laptop Axioo, saya mengetes compex ini dari jarak sekitar 100mtr dari Access Point. Di lantai 2 Masjid Raya Sinjai. APnya itu ada di Kantor Pengolahan Data dan Informasi Kabupaten Sinjai. Merek AP yang dipake itu Compex WPE54G dengan sebuah antena Omni 15dB dan kabel LMR600 sepanjang 35mtr.

Cara pake kalengnya asal saja waktu itu. Usb wlan itu saya colok masuk ke laptop, install driver dan lain-lain, trus masukkan WLU11A nya ke dalam kaleng, arahkan ke antena omni ... dan, liat ke taskbar winXp ... Signal : Excellent. hehehehe ... :D.

Buka browser FireFox ..., buka google, trus mencoba cari info, dan berhasil juga :).

Alhamdulillah.
Jika kita menginginkan sesuatu, dan sudah direncanakan dengan baik. Tau sedikit ilmunya. Lakukan saja menurut saya, jangan banyak bicara. Nanti kita bisa belajar sistem 'Learning By Doing', 'Try and Error'. Saya jadi ingat kata-katanya Dani Firmansyah yang pernah meng-hack sistem KPU dengan SQL Injection, : "kalo muncul pesan Error di browser, itu bukan berarti kita gagal, tapi itu sudah membuka pintu untuk bisa masuk ke system, bayangkan saja kata Error itu berganti menjadi Sukses :)".

"Allah sangat membenci orang yang mengatakan sesuatu yang tidak ia perbuat" -As Shaff:3-

Wassalam
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...