Saturday, August 09, 2008

Bagaimana mendapatkan akses wifi gratis/internet) ?

Selama pameran di Mega Mall Bata Center, ada banyak titik wifi hotspot yang tersedia. Ada yang gratis dan ada yang memerlukan otentikasi password. Rata-rata menggunakan keamanan WPA dan juga ada yang menggunakan sistem keamanan seperti billing hotspot dengan pembelian voucher. Panitia juga menyediakan wifi gratis kerjasama dengan telkom speedy untuk mengakses internet tapi hanya berfungsi di hari pertama selama 4 jam. Hari-hari berikutnya hanya wifi-nya yang aktif tapi tidak ada koneksi dengan internet.


Ada satu wifi yang tidak memiliki keamanan milik J.CO, tapi karena sudah dipakai ramai-ramai sehingga kadang ada peringatan IP Conflict dan tentu saja akses menjadi lambat.



Jadinya kepikiran bagaimana bisa mengetahui password WPA dari salah satu titik tersebut. Jadi langsung saja datang ke salah satu penyedia-nya, saya masuk untuk minum kopi di Bistro Godiva Coffee yang juga menyediakan wifi untuk pelanggannya. Dan sambil minum kopi, bisa mengakses plurk dan kemudian menjawab responses yang ada.



Ternyata setelah itu, password dari titik wifi ini bisa dipake seterusnya selama berada disekitar pameran ICT ini tanpa ada batasan waktu kecuali dimatikan. Pameran berlangsung di atrium lantai 1 sedangkan Bistro Godiva Coffee ini di lantai 2 dan jaraknya dekat dengan stand pemkab Sinjai. Jadi tidak ada rebutan bandwith ;).


Mudah-mudahan ini halal ya ? Dan setelah hari ke-3 ini, agak siang internet gratis dari telkom lancar kembali dan jika jalur sudah berat bisa pindah lagi ke yang "khusus".


Hehe ... tidak ada yang teknis banget ya, biasa saja. Yaa, ini cuma promosi kafe saja karena sudah memberikan akses internet gratis

Friday, August 08, 2008

[Foto] Indonesia ICT 2008 di Batam

Sudah 2 hari di pameran Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia 2008. Pameran ini akan berlangsung selama 4 hari dari 7 - 10 Agustus 2008 di Mega Mall Batam Center. Saya ada di sini karena Pemkab Sinjai mendapat undangan dari majalah e-indonesia.

Saya tertarik dengan Stand Education for Tomorrow menyiapkan 1000 lebih CD BlankOn untuk dibagi-bagi dan menyediakan PC yang berisi BlankOn dan Ubuntu yang bisa dipakai oleh setiap pengunjung. Stand ini dikoordinasi oleh GELORA : Gelora Linux Open Source untuk Rakyat, di sana ada Sihabul Milah, Andi Felani, Mucsaw Deede dan lainnya.


Ini CD yang dibagikan oleh Gelora, Depkominfo, dan Depdiknas dengan brosur BSE.


Andi Felani sedang menginstalasi Ubuntu di notebook.


Siswa SMA selalu meramaikan stand education for tomorrow untuk mengetahui lebih jauh mengenai open source software.

Kabupaten Sinjai sendiri menampilkan perkembangan ICT dan E-Gov. Hanya memberikan display berupa banner, foto, dan brosur. Selain ini info-info tentang sumber daya alam dan pariwisata.


Stand pemkab Sinjai.

Ubuntu-ID nomor 16



Barusan liat di statistik 5-A-Day. Ubuntu-ID di peringkat ke-16. Kemarin ada masalah tidak bisa menampilkan nama tim tapi sudah diatasi di sini di bug #255331.

Kalo dengar kata 5-A-Day sebenarnya sudah biasa, karena sebagai muslim itu sudah kewajiban dan salah satu kebutuhan hidup yaitu mendirikan shalat 5 kali setiap hari sesuai dengan waktu yang ditentukan. Tilawah Al-Qur'an juga bisa dicicil setiap hari hingga khatam. Kalo triknya itu, 2 lembar sehari setiap sehabis shalat. Jadi sehari bisa 10 lembar (1 Juz).

Tapi yang penanganan bug di ubuntu ini gak wajib ... tapi bagus juga jika kita bisa berkontribusi. Otomatis akan berpengaruh juga dengan semua turunan dari Ubuntu seperti BlankOn. Mungkin di BlankOn kita bisa menjalankan misalnya untuk tim pemaket, 1 paket per hari. ;)

Oh ya, bisa baca-baca link berikut :
0. How To Triage
1. Assignment
2. Importance
Siapa tau ada yang bersedia menterjemahkan ke bahasa Indonesia ?

Jadi, jangan lupa untuk menjalankan 5-A-Day itu, khususnya shalat 5 waktu. :)

--
My 5 today: #224134 (grub), #213710 (grub), #120488 (grub), #199108 (grub), #111117 (grub)
Do 5 a day - every day! https://wiki.ubuntu.com/5-A-Day


Saturday, August 02, 2008

Mirror Repository Ubuntu di UNHAS



sekarang mirror repo Ubuntu juga ada di UNHAS. Ubah saja sources.list seperti di bawah ini.

deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy main restricted
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy main restricted

deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy-updates main restricted
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy-updates main restricted

deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy universe
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy universe
deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy-updates universe
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy-updates universe

deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy multiverse
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy multiverse
deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy-updates multiverse
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu/ hardy-updates multiverse

deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu hardy-security main restricted
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu hardy-security main restricted
deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu hardy-security universe
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu hardy-security universe
deb http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu hardy-security multiverse
deb-src http://mirror.unhas.ac.id/ubuntu hardy-security multiverse


Mirror ini menurut pengelolanya mengambil dari kambing.ui.edu dan di update setiap jam 2 pagi. Alhamdulillah, mudah2an sudah tidak jauh-jauh lagi pesan dvd repo nantinya :D

--
My 5 today: #177745 (gdm)
Do 5 a day - every day! https://wiki.ubuntu.com/5-A-Day
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...