Tuesday, June 05, 2012

Migrasi ke Open Source Software

Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Sinjai tahun ini kembali memprogramkan kegiatan Fasilitasi Migrasi Open Source Software. Jika tahun lalu (2011) melakukan workshop dan sosialisasi ke setiap kecamatan di Kab. Sinjai maka tahun ini (2012) langsung mendatangi kantor setiap instansi/unit kerja (SKPD - Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk melakukan proses migrasi, pelatihan dan bimbingan. Mitra yang menjadi pelaksana kegiatan tetap adalah KPLI Sinjai.



Hingga saat ini telah 6 (enam) SKPD yang didatangi oleh tim migrasi, dan sudah ada 3 (tiga) SKPD yang selesai. Masih ada 31 SKPD dan bagian di setdakab yang tersisa. Tugas dari tim migrasi ini cukup berat karena akan melakukan pendampingan dan juga sebagai helpdesk apabila ada kesulitan dari para operator SKPD saat mengoperasikan PC nya dan menghubungkannya dengan perangkat keras yang ada seperti printer dan lain-lain.



Sistem operasi yang dipilih adalah Karampuang Linux yang diturunkan dari Ubuntu Linux dan diremaster oleh KPLI Sinjai. Selain mengubah tampilannya seperti linux mint, juga telah ditambahkan beberapa penggerak printer yang banyak digunakan di SKPD.

Yang asik saat datang ke SKPD adalah karena banyak makanan dan minuman yang disediakan untuk Tim Migrasi ini :).

Eh .. sudah dhuhur, ke masjid dulu .. nanti diceritakan lebih banyak lagi  ;)

Dasar Pelaksanaan Kegiatan : 

  1. Surat Edaran Bupati Sinjai Nomor 020/1134/SET Tanggal 3 Juli 2009 Tentang Penggunaan Perangkat Lunak Legal dan Open Source di Instansi Pemerintah
  2. SK Kepala Dinas Kominfobudpar No. 820/18.47/Diskominfobudpar Tahun 2012 tentang pembentukan Tim Migrasi Open Source Tahun 2012
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...