Thursday, November 28, 2013

Memakai Ubuntu 13.10

Tampilan Layar Ubuntu 13.10
Ubuntu 13.10 Saucy Salamander telah rilis sejak bulan Oktober 2013 tapi baru dua hari lalu (26/11/2013) punya kesempatan untuk menginstal dan menjadikannya sebagai sistem operasi dasar untuk bekerja seperti biasa. Sebelumnya di notebook ini saya tetap menggunakan Karampuang Linux yang hasil remaster dari Ubuntu 12.04 dan di PC rumah masih tetap dengan BlankOn 8.

Setelah menginstal Ubuntu ada beberapa hal lagi yang  dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari dalam berkomputer dimana hal ini sudah tidak ditemukan pada Karampuang Linux ataupun Blankon Linux yang sudah siap pakai untuk pengguna di Indonesia secara umum.

Beberapa yang saya lakukan untuk adalah,

1. Mengaktifkan Penggerak Tambahan



Secara default Ubuntu sudah mendukung banyak perangkat keras. Tapi disini notebook yang saya gunakan wifinya belum aktif karena termasuk penggerak proprietary sehingga langkah yang dilakukan adalah klik system setting -> software & update trus pilih tab Additional Drivers dan mengaktifkan Broadcom 802.11 Linux STA. Kemudian klik Apply Changes.

Pernah menuliskan hal yang sama disini http://takdir.blogspot.com/2012/08/pengaturan-kartu-wireless-lan-broadcom.html

Beberapa penggerak printer perlu juga ditambahkan nanti menyesuaikan peralatan yang tersedia di kantor dan di rumah.

2. Pasang codec multimedia



Ubuntu belum bisa memainkan langsung beberapa berkas multimedia yang umum di indonesia seperti (mp3 mp4 mpeg dll). Juga belum otomatis memberi dukungan flash player pada browser. Karen itu kita perlu memasang codec multimedia ini dengan cara membuka Ubuntu Software Center kemudian di kolom pencarian di kanan atas ketikkan Ubuntu Restricted Extras dan pasang paketnya.

3. Pasang Beberapa App tambahan

Kita bisa menambahkan beberapa aplikasi tambahan sesuai kebutuhan kita. Disini saya hanya menambahkan GIMP, VLC, games, dropbox, unduh google chrome dan beberapa paket untuk mendukung pemrograman.

4. Memasang Unity Tweak Tools


untuk mengatur desktop unity agar bisa disesuaikan dengan layar. Disini karena tidak menemukan di Ubuntu Software Center, jadi memakai terminal untuk menginstal ;)



5. Menuliskan pengalaman menginstal dan menggunakan Ubuntu ;)

Mari menuliskan semua pengalaman menggunakan ubuntu ataupun semua penggunaan aplikasi yang yang biasa kita gunakan agar pustaka di internet semakin kaya dengan pengetahuan dan cerita-cerita pengalaman dan memudahkan untuk mencari solusi jika menemukan ada permasalahan.

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...