Pages

Wednesday, November 20, 2013

Memainkan Empire Ascendant yang mirip AoE

 
Hari ini teringat dengan beberapa permainan yang menjadi favorit, Age of Empire (AoE) yang dibuat oleh Microsoft. Permainan ini mengajak kita membangun peradaban dari setiap masa dengan menggunakan semua sumber daya yang tersedia, membuat pertanian, membangun perekonomian dengan berdagang, membangun akademi, insfrastruktur, tentara dan perlengkapannya. Kemudian mengembangkan strategi untuk mengembangkan wilayah, melakukan pertahanan atau menyerang wilayah lain jika mampu :). Permainan ini juga bisa dimainkan dalam jaringan bersama teman-teman yang lain.

Saat menggunakan Ubuntu, saya sudah jarang memainkan permainan seperti itu yang diinstal di PC/Laptop kemudian bermain bersama dalam LAN. Permainan sekarang sudah berkembang ke internet dengan hanya memakai browser, penyedia media sosial seperti facebook banyak menyediakan permainan online strategi dan perang bahkan dengan tampilan yang sangat menarik. Tapi menurut saya tetap tidak tergantikan AoE.

Menginstal AoE di Ubuntu itu sangat memungkinkan, hanya saja saya sudah tidak punya file instalasi permainannya. Cara instalasinya bisa dilihat di sini Cara Instal AoE II HD (steam) di Ubuntu.

Jadi bagaimana ?

Seperti biasa yang dilakukan pertama kali saat ada pertanyaan adalah membuka google :D dan mendapatkan link Empire Ascendant (O A.D.) dari wildfiregames.com.

Coba membuka-buka playdeb.net mencari 0 A.D. agar bisa memudahkan dalam menginstal dan mendapatkan http://www.playdeb.net/software/0%20A.D dengan penjelasan "Historically based Real Time Strategy game focusing on the years 500 B.C. to 500 A.D. It is a war/economy strategy game allowing you to recreate or rewrite the ancient history of western civilisations."

Dilihat dari tangkapan layarnya ada gambar bangunan, pertanian, prajurit, mungkin mirip AoE jadi kita coba instal tapi tidak menggunakan playdeb karena berkas .deb disitu tertulis hanya available untuk ubuntu 10.04. sedangkan di saya sudah 12.04.
Cara instal, aktifkan repo universe dan ketikkan pada terminal :

$ sudo apt-get install 0ad

Jika akan terus mengikuti setiap updatenya, bisa instal dengan menambahkan repositori dari wildfiregame :

1. sudo add-apt-repository ppa:wfg/0ad.dev
2. sudo apt-get update
3. sudo apt-get install 0ad

Untuk instalasi Linux yang lain bisa ikuti di wiki WFG.

Saat memainkan pertama kali tampilan langsung full screen, dan tidak bisa mengklik tombol "Play". Nanti setelah mengubah tampilan layar ke mode jendela (Alt+Enter) tombol Play nya bisa di klik. Dan memainkannya betul-betul seperti di AoE, klik kiri untuk memilih unit dan memilih tugas, dan klik kanan untuk memberi perintah tujuan.




Selamat bermain.

1 comment:

mahenjadviga said...

Casino Nights - JS Hub
Play Slots, Table Games, Roulette, Video Poker, Slots, Video 전주 출장안마 Poker, 포천 출장안마 Blackjack, Roulette, Video 춘천 출장마사지 Poker. 제이티엠허브출장안마 Get the best rate 양산 출장마사지 no deposit offers!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...