Tuesday, May 02, 2006

Setting Apache 2

Oh ya,
lanjut dengan penjelasan saya yang di postingan sebelumnya tentang mensetting Apache webserver di linux. Karena saya sudah pakai mandriva linux 2006, saya instal apache saja dari cd nya (setiap distro pasti ada cara installnya). Setelah terinstal degan bagus. Tingga mengkonfigurasi file httpd.conf. Tempatnya di /etc/httpd/conf/httpd.conf. Atau kalo gak ketemu coba cari dengan perintah whereis httpd di console.

saya masih tetap memakai konfigurasi yang default. Hanya mengubah saja untuk document rootnya dan menambahkan vitualhost. Kebetulan saya ingin membuat virtual host "data.intra.sinjai", yang nantinya akan menampilkan semua data dari setiap kantor dan dinas di kabupaten sinjai. Seperti pusat data. Semua instansi, kantor, dinas akan bisa mengupload datanya ke sever dan data ini nanti akan dibuka oleh pengambil keputusan.

contoh baris untuk virtual hostnya seperti di bawah ini :

NameVirtualHost data.intra.sinjai:80
\
ServerAdmin takdir@mail.intra.sinjai
DocumentRoot /var/www/html/data
ServerName data.intra.sinjai
\

baris \ menunjukkan IP dan port dari server webnya. Untuk mengaktifkan namanya itu kita harus menambahkan beberapa baris lagi di bagian database bind nya. contohnya seperti ini :

---
egov IN A 192.168.7.13
data IN CNAME egov
---

sudah itu restart bind dan apache lagi

#service named restart --> restart bind named
#apachectl restart --> restart apache

ok. gitu dulu

kalo ada pertanyaan silahkan kirim email ke muhammad.takdir@gmail.com

wassalam
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...