Monday, September 23, 2013

Makassar ke Sinjai via Malino

Mungkin di Indonesia masih banyak yang belum tahu dimana itu Sinjai, bahkan kadang ada yang mengira jika Sinjai itu sama dengan Binjai. Padahal itu adalah dua tempat yang berbeda. Sinjai itu terletak di Provinsi Sulawesi Selatan sedangkan Binjai itu di Provinsi Sumatera Utara.

Untuk ke Sinjai, kita bisa melalui 3 jalur darat jika dari Makassar ibukota Prov. Sulawesi Selatan (http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Makassar). Seperti yang tertulis di situs resmi Pemerintah Kabupaten Sinjai pada menu "Ayo Ke Sinjai - Bagaimana ke Sinjai". Semua jalur tersebut punya keunikan masing-masing.

jalur Makassar - Malino - Sinjai
Kali ini saya akan menceritakan sedikit jalur Makassar - Malino - Sinjai, "ditempuh dengan jarak 168 km dengan waktu perjalanan 4-5 jam. Angkutan umum yang melewati jalur ini  bisa kita dapat melalui terminal Mallengkeri dengan tarif yang sama juga 50.000,- / orang. Melewati jalur ini kita akan mendapatkan suasana sejuk pegunungan di Malino dan Sinjai Barat" - (sinjaikab.go.id). Jika melihat peta, jalan yang dilalui ini sangat aman dan semua sudah pengaspalan walaupun ada sekitar 15km yang aspalnya tidak mulus dan berlubang :D. Tapi sisanya sangat bagus. Hanya perlu hati-hati karena penuh dengan tikungan tajam karena daerah pegunungan dan jalan agak sempit.


Batas Desa

Biasanya saya melewati jalur sesuai peta di atas, tapi sudah dua pekan ini saya mencoba lewat di jalur memotong yang jalannya rusak, berbatu, sebagian tanah dan aspal. Berkabut tebal jika pagi/sore hari. Untuk melewati jalur ini, lihat saja tanda di pinggir jalan yang menunjukkan Kab. Sinjai di batas dusun hala-halaya desa kanreapia. Walaupun jalanan rusak dan kadang longsor, tapi pemandangan juga luar biasa. Kita akan melewati banyak sawah dan juga kebun-kebun. Melihat desa dari ketinggian. Dan kita akan sampai di Kelurahan Balakia Sinjai Barat tembus ke Manipi ibukota Kecamatan Sinjai Barat.

Jalanan di Desa Balakia menuju Manipi

Bagi yang membawa mobil sangat tidak disarankan lewat jalan memotong ini karena bisa kandas, tapi jika menggunakan motor jalur ini sangat mudah dilalui. Tapi ingat perhatikan rem dan ban karena jalannya menurun terus. Alhamdulillah si Karisma putih masih bisa melewati jalanan tersebut :).

Penangan tanah longsor di Sinjai Barat
Kemarin (22/09/2013) sempat terhalang sekitar 45 menit saat akan menuju Sinjai Tengah karena ternyata ada longsor di jalanan. Pemkab Sinjai melalui dinas terkait Badan Penanggulangan Bencana dan Dinas Pekerjaan Umum cepat tanggap menurunkan tim untuk mengatasi longsor di jalan provinsi tersebut. Semoga pihak pemerintah Provinsi bisa segera ikut menangani beberapa titik longsor di jalur penting ini. Aamiiin.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...