Thursday, April 01, 2010

Membuat SMS Keluhan/Aspirasi Masyarakat

Kemarin bos di kantor (Badan Komunikasi dan Informatika Kkab. Sinjai) mengharapkan agar tersedia fasilitas bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan kepada Pemerintah Daerah Sinjai melalui sms. Mendapatkan perintah seperti ini, langsung teringat lagi dengan kannel yang dulu pernah dijadikan sebagai sms gateway dalam menghitung suara di pilkada.



Modem SMS yang dipakai merek Wavecom yang waktu itu dibeli dari bhinneka.com dan dipakai di Radio Suara Bersatu. Tapi karena aplikasi yang dari bhinneka.com yang berbasis windows itu sudah hilang dengan rusaknya hardisk dan CD nya entah kemana akhirnya dengan membaca ulang lagi dokumentasi di situs kannel dan dari blog pak fajar akhirnya selesai juga aplikasi penerima keluhan/aspirasi masyarakat ini walaupun masih dalam versi percobaan dengan kode php/html yang sederhana. ;)

Dalam aplikasi ini dipisahkan antara sms yang berupa keluhan/aspiran dari masyarakat dan untuk radio dengan keyword sehingga datanya bisa dipanggil berdasarkan keyword tersebut.



Langkah-langkah :

  1. Pasang Apache2, mysql-server, php5, phpmyadmin

  2. Pasang modem ke port serial, dikenali di /dev/ttyS0 (tentang ttyS0 di ubuntu )

  3. Konfigurasi kannel.conf

  4. Membuat database radio dan tabel inbox dan berkas input.php, keluhan.php, dan radio.php

  5. Menjalankan bearerbox dan smsbox

  6. Modem dan aplikasi siap menerima sms





Berkas yang telah jadi bisa liat di googledocs ini


 

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...