Sunday, September 28, 2008

Temu Akbar Linuxer Makassar

Setelah acara pengenalan linux di FK Unhas dan Software Freedom Day yang diisi dengan training openoffice, para aktifis linux Makassar kembali bertemu dalam sebuah acara yang diberi nama Temu Akbar Linux Makassar yang bertema Kita berpadu, OSS di SulSel 'kan maju. Acara ini dilaksanakan di Kelas Internasional Fakultas Kedokteran Unhas pada tanggal 27 September 2008 pukul 16.00 - 20.00.


Dibuka oleh dr. Mahmud sebagai tuan rumah yang sementara me-linux-kan FK Unhas dan juga sebagai MC acara kemudian mempersilahkan pak Adi Nugroho untuk memberikan pengantar bagaimana aktifis linux di Makassar bisa terorganisir dengan terbentuknya LUGU (Linux User Group Ujungpandang), perkembangan LUGU dari tahun ke tahun hingga kemudian bisa aktif kembali seperti sekarang. Pak Khalid dari depdiknas yang juga merupakan ketua LUGU ke-2 menjelaskan tentang perkembangan kurikulum pelajaran komputer di sekolah-sekolah yang hingga saat ini sudah semakin baik dan mulai mengarah untuk penggunaan open source software. Pengalaman melakukan migrasi di sebuah instansi dibawakan oleh Denic sedangkan cerita proses-proses migrasi di pemkab Sinjai dibawakan oleh MuhammadTakdir ;).


Peserta acara kemudian satu per satu angkat tangan dan mulai memberikan gambaran tentang suka duka dalam pemakaian linux, saling berbagi pengalaman dari mulai mengenal linux sampai sekarang, trik-trik mengajarkan linux, bagaimana mengadakan training, bagaimana me-marketing-kan linux, dan juga tentang materi pelajaran komputer di sekolah-sekolah yang saat ini masih mengarah ke aplikasi proprietary. Satu hal yang paling mendasar adalah tentang proses pendampingan setelah adanya proses migrasi (helpdesk).


Kita berbuka puasa bersama di kantin medika lantai 3. dan kemudian dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah. Dan setelah itu kembali ke ruangan dan membicarakan tentang tindak lanjut untuk waktu-waktu mendatang. Acara ini sangat seru, semua peserta saling kenalan, silaturahim, ada makan-makan nya, dan ada foto-fotonya ;).

Salah satu yang disepakati juga adalah bahwa LUGU akan membuat database hardware yang linux friendly dan akan menyediakan stiker untuk itu, dan juga akan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk calon instruktur dan helpdesk. POSS Unhas sendiri akan menyediakan segala keperluan untuk helpdesk tersebut seperti penyediaan semua distro linux, repository, spanduk, dan kemudian akan mengadakan beberapa workshop di daerah-daerah se-Sulawesi Selatan.


Ada juga perempuan yang hadir, kluwek. :D

Acara ini diselenggarakan oleh LUGU, ICT Center FK-UH, dan POSS Unhas. Mudah2an tidak berhenti sampai di sini.
Foto : Pak Tahir Ali
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...