Monday, September 08, 2008

Acara pengenalan Linux dan OSS di FK-Unhas


Pengenalan Linux dan Open Source Software di Fakultas Kedokteran Unhas akhirnya terlaksana sesuai jadwal Sabtu, 6 September 2008. Tempat ruang kelas LT. 5 FK Unhas. Pada acara ini, Arman Satary dari Ubuntu Makassar yang juga mantan ketua LUGU periode 2007-2008 membuka dengan membawakan presentase pengenalan linux, manfaat dan mengapa memilih linux sebagai sistem operasi sehari-hari. Presentasi kedua tentang pemanfaatan Open Office dibawakan dengan sangat menarik oleh Adi Nugroho, beliau adalah salah satu pendiri LUGU. Dengan Open Office ini diharapkan nanti para mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan semua tugas-tugas kuliah, membuat jurnal, tulisan, dan sebagainya. Presentasi ketiga yang dibawakan oleh Phipo, mahasiswa Kedokteran Gigi semester akhir adalah demo desktop 3D, Multimedia, Games, dan beberapa kelebihan dari linux desktop.


Selain presentasi dan tanya jawab, pada akhir acara ada InstallFest. Ariel Komputer mendukung dengan menyediakan sekitar 15 notebook Acer dan Fujitsu untuk diinstal Ubuntu Muslim Edition. Dan mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menginstal notebooknya masing-masing. Pada sesi ini peserta yang melakukan InstallFest didampingi oleh aktifis-aktifis Linux yang ada di Makassar, sehingga jika ada kesulitan bisa langsung terjawab.


Acara ini diadakan oleh FK Unhas, yang bekerjasama dengan LUGU dan POSS Unhas dan didukung oleh Ariel Komputer. Hadir juga dalam acara ini Komunitas Ubuntu Makassar dan Komunitas Slackware Makassar. Mudah-mudahan bisa lanjut ke Fak. Ekonomi, Fak. Hukum, Sospol, Sastra, dll ;)

Foto : Pak Tahir, POSS Unhas

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...