Pages

Thursday, June 28, 2007

Transparent Proxy with Squid 2.6

Sekedar catatan saja tentang cara mengaktifkan transparent proxy dengan memakai squid, dan ini harus ada kalo mau menjalankan billing (wifi, warnet, dll).

setelah menginstall squid
$ sudo apt-get install squid
.
Yang terinstalasi adalah squid 2.6.
Trus di bagian file /etc/squid/squid.conf tambahkan ini:
http_port 3128 transparent
...
acl lan src 192.168.0.0/255.255.255.0
...
http_access allow lan


Trus di bagian iptables :
iptables -A PREROUTING -t nat -j REDIRECT -p tcp -s 192.168.0.0/24 -d 0/0 --dport 80 --to-ports 3128
:)

ini sekedar link tambahan setup ubuntu704 Server

2 comments:

Anonymous said...

Assalamu 'Alaikum...Takdir..apa kabar teman lama...teman kuliah. Eh ternyata antum juga PNS di Sinjai ya..wah kalo gitu bisa sharing ilmu dong. Kebetulan ane juga sama kerjaannya...

Form Muh. Adnan (E'96)

Anonymous said...

Mas mo tny nih....server warnet saya pake Mandriva2006 utk Proxy server aq pake SQUID 2.5 Stable10....aq installnya dr CPanel-nya mandriva.yg jd mslh...kok di folder cache-nya tdk mencatat smua situs yg di buka client,hny tertentu aja....yahoo,google,bekas.com,friendster,gak ke simpan di cache.gmn dong....smua browser udah aq arahkan ke server proxy dg port 3128,trus di setting LAN pd DEFAULT GATEWAY udah aq isi dg IP server proxy jg.apakah krn Default Gatewaynya aq isi IP server yaa,khan itu lwt jalur NAT bukan proxy...jd gak tercatat di cache-ya...apa bnr begitu....klo Default Gateway di client tdk di isi maka MIRC n YM gak jln,klo diarahkan lwt proxy jg gak jln tuh YM n MIRC.
Jdnya SQUID-ku tdk PowerFull....aq compare dg CCPROXY masih kalah jauh speednya.mgkn krn CCProxy bekerja sempurna.gmn niihhh tolongin dong....SQUID-ku blm aq rubah2...aq pake standart config/bawaan asli settingan dr mandriva aja....khan itu dah cukup mumpunin utk sebuah Proxy.mohon pencerahannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...