Pages

Wednesday, March 14, 2007

Win di Linux ? Pake Edubuntu

Saat ini saya memegang sebuah notebook. Notebook ini rencananya akan dipakai dibagian administrasi bakominfo sinjai. Tapi karena personil di bagian administrasi masih kurang terbiasa dengan Linux dan OpenOffice akhirnya saya harus menginstalasi juga sistem operasi yang lama (winXp dan Microsof Office).

Cuma bingung juga, karena notebook ini sekarang sudah nyaman dengan edubuntu. :). Bukannya karena saya terkesan memaksakan memakai linux. Tapi winXp nya tidak mau terinstalasi dari CD Recovery yang disertakan. Mungkin hardisknya yang bermasalah. Dan sudah terlanjur linux bisa terinstalasi dan memakai semua sudah partisi hdd. Alhamdulillah Setelah membaca dari Planet Ubuntu Id tentang penggunaan virtualbox, coba mendownload juga dan menginstalasinya.

Yang saya lakukan itu,
1. download virtualbox
2. sudo apt-get install libc6-dev
3. sudo apt-get install libxalan110
4. sudo dpkg -i [nama paket virtualbox untuk edgy eft""]
5. Memasukkan CD WinXp. Dan Setup.
6. Memasukkan CD Office2003 dan klik setup dari windows explorer.

Hasilnya bisa dilihat di sini.





Semua sudah baik kecual usb dan network nya belum berfungsi dengan bagus. Mungkin perlu konfigurasi lagi. Ada yang bisa membantu ? :)

Pemilihan distro ini karena keinginan memperkenalkan GNU/linux di sekolah-sekolah di Kabupaten Sinjai. Jadi notebook ini bisa saya pinjam jika dibutuhkan. Distro ini terinstalasi di notebook Toshiba Satellite A100/A105 Series milik Badan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sinjai. Pengenalan hardwarenya bagus, semua terdeteksi dan bekerja dengan baik. Termasuk WLAN. Jadi tidak perlu ndiswrapper lagi.

Setelah WinXp terinstalasi di edubuntu, mudah-mudahan akan banyak dari orang bakominfo yang tertarik mempelajari GNU/Linux. Tapi apa ini akan mengakibatkan tidak bisa meninggalkan kebiasaan lama ?.

Oh ya, Sebelumnya, 3 server di bakominfo sudah memakai linux, Ubuntu dan Mandriva 2006. Dengan koneksi internet dari IM2.

Selain itu, di edubuntu ini terinstalasi juga Minbar untuk pengingat shalat di ruang tertutup saat bekerja dan Zekr untuk Al QurĂ¡n.

4 comments:

milisdad said...

Tutorialnya Zekr dan Minbar donk.... :)

Anonymous said...

Assalammualaikum wr wb,

Iya, kalau boleh tlg sharing cara install step by step minbar dan zekr ?

Saya coba install deb file zekr tapi nggak jalan, kayaknya hrs install java dulu (?).
Maklum, masih newbiee..

Terima kasih sebelumnya.

Wassalam,

Anonymous said...

Mungkin karena CD backup Windows ngga sanggup replace MBR dari Linux ya.. Ada hikmahnya kan,memaksa cari cara lain supaya si Linux tetep masih jalan.
Bareng2 belajar open source yuuk :)

Anonymous said...

Windowsnya original tidaaaak ? :>
officenya? :>

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...