Monday, September 25, 2006

Memakai UBUNTU Linux ?

Pada awalnya saya pikir distro ini sama dengan yang lain yang sudah lengkap dengan library-library, banyak aplikasi server, dll. Waktu itu (sekitar bulan Maret 2006) bahkan sudah pesan copyan (burning CD) salah satu variannya 'edubuntu' untuk instal di salah satu sekolah di Kabupaten Sinjai, tapi waktu dicoba di PC sendiri malah tidak bisa terinstall, error di VGA :(. Sama dengan ubuntu nya sendiri. BLINK. Gelap.

Kok Ubuntu ? Kata ini terasa aneh, lucu. :). Mungkin yang pake pada buntu kali ya ? :D. (buntu disini artinya : yaa .. seperti jalan buntu, atau otak buntu, tidak bisa berkembang lagi). Bahkan waktu memamerkan ke teman-teman hasil instal di PC (sekitar sebulan lalu) dan memakainya, saya dan mereka langsung bilang, wah .. betul-betul buntu nih ... masa' putar lagu MP3 saja tidak bisa ?, padahal semua hardware terdeteksi dengan baik. Yang jalan hanya beberapa games dan Open Office saja. Mau menginstal paket, minta password root, tapi waktu penginstalan tadi tidak diminta, jadi bagaimana ? Instal ulang ? Cape' deh.

Apa menyerah hanya karena itu ?. Akhirnya online lagi dan cari komunitas Ubuntu Indonesia. Dan dapat juga yang berupa blog, ubuntulinux.or.id. Dari blog ubuntulinux indonesia ini saya dapat beberapa link lagi, dan akhirnya bisa mengerti tentang Repository, apt-get, dan lain-lain. Bahkan sudah pernah mau pesan DVD Repository dari Fajran tapi sampai sekarang belum kesampaian karena belum sempat transfer :(.

Alhamdulillah, dengan Ubuntu 6.06 LTS dari DVD Info Linux itu minimal sudah jalan dengan baik dan bisa dipakai mencoba-coba, mengetik, dll. Tapi susah juga pren, soalnya koneksi internet gak ada di rumah :(. Doa'kan mudah-mudahan bisa cepat purchase DVD Repo nya biar bisa banyak nulis lagi di sini tentang distro unik yang satu ini. :)

Marhaban Yaa Ramadhan ...
"Bulan Suci, Bulan Peduli, Bulan Saatnya Berbagi"

-beginner ubuntu linux-
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...