Friday, February 21, 2014

Arduino dan Flappy Bird


Flappy Bird in a box

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri [0]. Perangkatnya seperti Raspberry Pi [1]. Dan menurut Flashgamer.com, kita harus mencoba Arduino terlebih dahulu kemudian Raspberry Pi [2].

Dari situs hackaday.com ada 1 permainan yang bernama Flappy Bit yang dibuat oleh Dan200 () dengan menggunakan arduino. Pembuatan permainan ini dijadikan sarana bagi Dan200 untuk belajar perangkat keras seperti menggunakan resistor, LED, tombol dan membuat program di Arduino [3].

Hasilnya bisa kita lihat di video berikut :



Selain LED, ada juga yang merangkai arduino ini dalam sebuah kotak dengan 2 motor servo [4], tombol dan beberapa magnet terinspirasi dari permainan Mario in a Box [5]. Hasil perakitannya bisa dilihat di video berikut :


Ada yang tertarik membuat hal-hal menarik lainnya ? Atau ada yang mau menyumbangkan perangkatnya yang sudah tidak dipakai lagi ? Agar yang mau belajar bisa memanfaatkannya ;)


Link-link :
0. http://id.wikipedia.org/wiki/Arduino
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Raspberry_Pi
2. http://flashgamer.com/arduino/comments/raspberry-pi-or-arduino
3. http://hackaday.com/2014/02/18/arduino-gets-fowl-with-flappy-bit/
4. http://elektronika-dasar.web.id/teori-elektronika/motor-servo/
5. http://hackaday.com/2014/02/20/real-life-flappy-bird-in-a-box/
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...