Pages

Wednesday, February 08, 2006

Perjalanan: Gorontalo

Hari ini saya ada di Provinsi Gorontalo. Orang Gorontalo sekarang menyebutnya Serambi Madinah, dan itu sudah dipopulerkan ke seluruh Indonesia. Kota Gorontalo adalah ibukota provinsi dan oleh orang Gorontalo, Kota Gorontalo disebut sebagai Bandar Gorontalo.

Pada awalnya saya datang ke bandar Gorontalo pada akhir 2003 lalu, kota ini masih agak sepi. Kendaraan Roda 4 masih kurang. Angkot juga kurang. Tapi yang banyak mulai populer waktu itu adalah 'bentor' atau becak bermotor :). Dari segi keamanan sih, masih kurang menurut saya karena kadang kalo saya naik bentor masih merasa takut ketabrak, soalnya perasaan seperti naik becak tapi ini lebih laju dari becak karena pake mesin motor, ngeeeng :D. Sekarang di 2006 ini saya datang lagi, dan ... sudah ramai ..., kalo di Sulawesi Selatan seperti di Kab. Maros, Pare-Pare, atau Gowa. Pertumbuhannya cepat.

Kota Gorontalo ini dikelilingi oleh perbukitan, tapi ada juga pantainya. Ada pelabuhannya. Kadang kalo malam saya dan teman2 makan ikan di pantai, atau kadang juga makan roti bakar a la gorontalo sambil mimum teh. Suasananya seperti di : Pantai Losari - Makassar : hanya lebih gelap sedikit dan masih kurang ramai ;). Kota ini memiliki banyak sejarah seperti kota lain di Indonesia.

Saya hanya sering heran2 juga melihat kalo lewat kuburan, kok ada rumah-rumahan ya ?. Trus kalo habis shalat jamaah di Masjid, dzikirnya itu malah panjang sekali. Kadang kalo malam jum'at, di masjid itu ada pembacaan 'kitab kuning' tapi pakai bahasa gorontalo. Dan kadang saya masuk ke Masjid, ada semacam tempat bakar dupa ???. Dan ada beberapa masjid yang di depannya itu ada kuburan. Wah .. bagaimana ya ?

Di Gorontalo saat ini sudah ada Mall, letaknya itu di Kab. Gorontalo. Kalo di Kota belum ada. Bahkan di Kab. Gorontalo ini ada tower yang tinggi, menara Limboto namanya kalo tidak salah. Pernah kontroversi waktu pembangunannya karena dananya wuahh banget...

Tadi siang, saya jalan ke Kabupaten Pohuwato, kalo mau liat letaknya sih klik saja webnya www.gorontalo.go.id. Sepanjang jalan dari Kota Gorontalo, lewati Kabupaten Gorontalo trus melewati Kabupten Boalemo Sampai Pohuwato (jalanannya bagus dan mulus, hanya sedikit yang berlobang), pohon kelapa itu bersusun banyak sekali. Tidak salah kalo dinamai juga negeri Nyiur Melambai. Bahkan kalo kita liat ke bukit-bukitnya, pohon jagung itu sangat banyak dan subur. Belum lagi ditambah dengan pohon tebu.

Masalah IT di gorontalo, di sana itu banyak orang-orang hebat. dan banyak juga orang luar yang cari proyek dan memberikan ilmunya di sana. ;)

Masih banyak cerita menarik tentang gorontalo, dan ini hanya sebagian kecil saja :).

Kalo melihat hal ini, begitu banyak sumber daya alam yang mendukung. Kenapa Indonesia dikatakan miskin terus padahal apa saja yang ditanam bisa tumbuh dengan subur ?. Subhanallah.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...